Senin, Februari 02, 2009

JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer merupakan sekumpulan komputeryang terhubung bersama dan dapat berbagi sumber daya yang di milikinya,seperti printer,CDROM,pertukaran file,dan komunikasi secara elektronik antar komputer.Hubungan antar komputerdalam jaringan dapat menggunakanmedia kabel,telepon,gelombang radio,satelit,atau sinar inframerah(infrared).Jenis jaringan komputer terbagi menjadi dua klasifikasi,yaitu berdasarkan teknologi tranmisi dan berdasarkan jarak.
A. Jenis Jaringan Komputer Berdasarkan Tekhnologi Transmisi
  1. Jaringan Broadcast

Jarinagn ini menggunakan saluran komunikasi tunggal yang digunakan semua komputer atau mesin yang terhubung pada jaringan secara bersama-sama. Data yang berukuran kecil dalam paket dikirimkan oleh satu mesin dan akan diterima oleh mesin-mesin lainnya yang terhubung dalam jaringan. Mesin yang menerima paket tersebut akan mengecek alamat tujuan paket. bila paket tersebut ditujukan kapada mesin yang menerima, maka paket akan diproses, tetapi bila ditujukan kepada alamat mesin lain, maka akan mengabaikan paket tersebut.

2. Jaringan Point-to-Point

Jarinagn ini terdiri atas beberapa komputer atau mesin yang sering kali harus memiliki banyak rute karena jaraknya berbeda. Dalam mengirimkan paket dari satu mesin sumber kesuatu tujuan, paket jenis jaringan ini harus melalui mesin perantaranya yang bisa melalui banyak rute. Pada umumnya jaringan lokal atau jaringan yang secara geografis kecil cenderung memakai broadcast, sedangkan jaringan yang lebih besar dapat menggunakan point-to-point.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar