Senin, Februari 16, 2009

PENGGUNAAN INTERNET UNTUK BERKOMUNIKASI

Selain sumber informasi,internet dapat digunakan pula sebagai media komunikasi.Berkomunikasi dengan internet dapat dilakukan tanpa batas tujuan dan waktu.Dengan media internet,anda dapat menjalani (surfing) informasi hingga ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat singkat.

1. Fungsi E-mail Sebagai Alat Komunikasi
Salah satu fasilitas komunikasi dengan internet sangat populer dan digemari oleh penggunainternet di pelosok dunia adalah E-mail (electronic mail).Fasilitas E-mail sangat ekonomis karena cukup banyak website penyedia layanan E-mail gratis,diantara www.yahoo.com , www.plasa.com ,dan www. hotmail.com.Dengan demikian,bukan suatu hal yang asing,khususnya bagi pelajar untuk mengenal layanan-layanan tersebut.

2. Persamaan dan Perbedaan Mailbox Pos dengan Mailbox E-mail
Surat merupakan benda yang mempunyai sifat beragam.Trekadang surat bersifat umum,pribadi,dinas,rahasia,atau sangat rahasia.Untuk keamanan dan kenyamanan surat bagi pemilik kotak surat (mailbox),kotak surat mempunyai pengaman berupa kunci dengan kombinasi kode tertentu untuk membukanya.Pemilik E-mail harus memberikan User ID dan Password yang berguna sebagai pengaman E-mail dari orang lain.Ketika seorang ingin membuka mailbox e-mailnya,dia harus menuliskan User ID dan Passwordnya dengan benar.
Perbedaan utama antara kunci yang digunakan mailbox Post dengan mailbox e-mail adalah dari bentuknya secara fisik.Kunci mailbox post sewaktu-waktu dapat digandakan atau dirusak dengan mudah ,tetapi User ID dan password e-mail tidak akan mudah dilacak walau secara fisik hanya merupakan kumpulan dari karakter.
Tampilan situs penyedia layanan e-mail yaitu mail.yahoo.com.Bila pengguna layanan telah memiliki alamat e-mail pada halaman depannya,User diminta untuk memasukkan ID dan Password,kemudian dilanjutkan dengan mengklik tombol sign in,tetapi bila user atau pengguna internet belum memiliki yahoo mail dipersilakan terlebih dahulu untuk mendadftar dengan menekan tombol Sign Up Now.

3. Penggunaan Alamat Tujuan dan Subjek untuk Membuat E-mail
Sebelum mengirim e-mail ke seseorang ,hal yang harus diketahui adalah alamat e-mail dari orang tersebut.Alamat e-mail bersifat unik sehingga tidak mungkin dua orang yang berbeda memiliki e-mail yang sama.Alamat e-mail tidak bersifat case sensitive dan umumnya alamat e-mail ditandai dengan @.Untyuk membuka e-mail ,anda harus terlebih dahulu Login/Sign In ke e-mail yang anda miliki.Subjek adalah tempat untuk pemberian judul e-mail.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar